Fasad Curtain Wall Melindungi Bangunan Anda, Ini 4 Fungsi Curtain Wall ACP

Inspirasi Industri bangunan di Indonesia selalu mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Salah satunya dapat dilihat pada perkembangan pembangunan dan arsitektur fasad bangunan.

Material-material bangunan dengan struktur lebih ringan semakin digemari dan populer digunakan, sehingga model panel pada fasad bangunan juga semakin variatif.

Anda mungkin pernah melihat bangunan dengan model fasad seperti pada gambar di bawah ini.

Fasad Bangunan menggunakan Curtain Wall ACP Keduanya, baik curtain wall maupun window wall memiliki model yang berbeda.

Tentu saja tujuan dan fungsi dari kedua fasad tersebut juga berbeda.

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan curtain wall dan window wall? Apa saja fungsinya? Dan model fasad mana yang cocok untuk kebutuhan Anda? Simak artikel berikut ini yuk!

Curtain Wall menggunakan ACP SEVEN .

Pengertian Curtain Wall Curtain wall atau tembok tirai adalah konstruksi non struktural yang terbuat dari rangka aluminium dan kaca. Namun, kini Anda akan menemukan beragam material untuk fasad bangunan, salah satunya material ACP untuk curtain wall.

Mengapa ACP? Dengan perawatan yang mudah dan minim resiko, ACP menawarkan kualitas dan performa yang sangat tinggi dengan harga yang relatif terjangkau.

Bagi Anda yang tertarik untuk mengaplikasikan model fasad curtain wall, ada 3 jenis instalasi yang dapat Anda pilih.

Stick System

Rangka atau frame dari stick curtain wall yang menggunakan sistem ini tersusun dari balok-balok panjang dan dipasang pada setiap lantai atau kolom bangunan. Selanjutnya Anda perlu memilih material untuk mengisi rangka yang telah selesai disusun. Umumnya, stick system adalah pilihan yang umum digunakan di Indonesia.

Ladder System

Sama halnya dengan stick system, instalasi ladder system curtain wall juga menggunakan material rangka metal atau aluminium. Perbedaannya hanya pada struktur rangka yang disusun menyerupai susunan tangga. Antar susunan rangka nantinya akan memiliki sambungan masing-masing.

Unitized System

Sistem ini dapat dikatakan sebagai pilihan jenis curtain wall yang efisien dan praktis bagi Anda yang ingin menghemat waktu dan biaya. Berbeda dengan dua sistem sebelumnya, material rangka dan pengisi diproduksi secara bersama di pabrik menjadi satu panel curtain system yang utuh. Setelah panel siap, selanjutnya dapat langsung dipasang sebagai fasad bangunan. Tentu saja sebelum memutuskan untuk mengaplikasikan curtain wall pada fasad bangunan, Anda perlu memperhitungkan estimasi biaya dan waktu yang diperlukan.

Penggunaan material ACP sangat cocok untuk meningkatkan efisiensi konstruksi. Strukturnya sangat ringan dan mudah dibentuk, sehingga mudah untuk disesuaikan dengan desain fasad Anda. Tidak perlu khawatir akan variasi motif yang ditawarkan, inspirasi fasad bangunan ACP SEVEN adalah solusi yang tepat.

Read more at: ↗️

Perbedaan Curtain Wall dan Window Wall Selain model fasad curtain wall, window wall menjadi pilihan yang juga populer.

Pada dasarnya, keduanya memiliki fungsi perlindungan yang baik terhadap bangunan dan memberikan sentuhan yang menarik pada desain arsitektur secara keseluruhan.

Meskipun demikian, Anda perlu pahami perbedaan keduanya. Curtain wall umumnya diaplikasikan pada bangunan komersial dan konstruksi gedung tinggi, sementara itu window wall cenderung diaplikasikan pada bangunan area perumahan. Namun, jika mengikuti perkembangan industri arsitektur, model curtain wall kini mulai digemari dan banyak digunakan untuk aplikasi area perumahan.

Selain itu, curtain wall memiliki prinsip sebagai tirai yang digantung di depan struktur bangunan, sementara window wall prinsipnya adalah sebagai bingkai dan secara struktur terpisah antar lantai yang satu dengan lantai lainnya.

Fungsi Curtain Wall untuk Gedung

Masih ragu untuk menggunakan curtain wall sebagai fasad bangunan Anda? Kenali fungsi curtain wall untuk mendukung performa bangunan berikut ini:

  • Sebagai pelindung tentu akan memberikan perlindungan ekstra, sehingga suasana di dalam gedung terasa lebih nyaman.
  • Memberikan batasan ruang untuk kondisi udara di dalam gedung (interior) dan di luar gedung (eksterior).
  • Mengurangi resiko terjadinya kebocoran dan masuknya air ke celah bangunan ketika terjadi hujan, karena curtain wall dapat membantu membelokkan sebagian besar curah hujan.
  • Membantu memberikan pencahayaan alami, dan meminimalisir penggunaan energi buatan untuk pencahayaan interior.

Secara keseluruhan, curtain wall memiliki peran sebagai filter pelindung tembok utama. Dengan begitu, kualitas performa bangunan Anda akan tetap terjaga sekalipun terpapar oleh sinar UV, kondisi cuaca ekstrim, dan gangguan eksternal lainnya. Oleh sebab itu, pilihlah material curtain wall yang tepat. Pertimbangkan kekokohan dan durabilitasnya dalam menahan beban angin, gempa bumi, ledakan, bahkan beban curtain wall itu sendiri. Material ACP SEVEN teruji tahan terhadap api, sehingga mampu memberi perlindungan ekstra jika terjadi kebakaran.

Untuk info lebih lanjut hubungi kami disini ⤵️